Pekerja Migran Bisa Kembali Bekerja di Korsel Setelah Pulang Selama Satu Bulan

Masa masuk kembali pekerja migran ke Korea Selatan dipersingkat dari tiga bulan menjadi satu bulan.

Pada 15 Desember 2020, Kementerian Tenaga Kerja dan Buruh mengumumkan bahwa pemerintah telah memutuskan mengamandemen ‘Undang-Undang Ketenagakerjaan Asing’ pada rapat Dewan Negara Korea Selatan yang diadakan hari yang sama.

Saat ini, pekerja migran hanya dapat bekerja hingga 4 tahun 10 bulan setelah masuk ke Korea Selatan. Jika pekerja migran tersebut bekerja hanya di satu tempat kerja selama periode tersebut, maka ia dapat bekerja selama 4 tahun 10 bulan lagi setelah diakui sebagai pekerja migran dengan izin masuk khusus. Meskipun kasus khusus diberikan, pekerja migran bisa masuk kembali hanya setelah 3 bulan sejak tanggal kepulangan ke negara asal.

Berdasarkan amandemen tersebut, pemerintah telah memperpendek batas masuk bagi pekerja asing yang telah diberikan pengecualian masuk kembali menjadi satu bulan.

Selain itu, persyaratan untuk masuk kembali secara khusus, yang hanya diakui jika bekerja selama 4 tahun 10 bulan di satu tempat kerja, juga dilonggarkan sehingga meskipun tempat kerja dipindahkan dalam industri yang sama, masuk kembali ke Korea Selatan secara khusus dapat dilakukan jika kriteria yang ditentukan dalam kebijakan Kementerian Ketenagakerjaan terpenuhi.

Ada juga aturan khusus untuk pekerja asing dengan sisa aktivitas kerja kurang dari satu tahun.

Jika tempat kerja pekerja migran tersebut berubah karena alasan yang tidak terkait dengan pekerja asing tersebut seperti penyerangan atau pelecehan seksual, maka sisa masa kerja pekerja migran tersebut di tempat kerja yang relevan setidaknya harus selama satu tahun. Akan tetapi, beberapa pengecualian lainnya juga telah dibuat agar para pekerja migran bisa mendapatkan izin masuk kembali ke Korea Selatan secara khusus.

답글 남기기

아래 항목을 채우거나 오른쪽 아이콘 중 하나를 클릭하여 로그 인 하세요:

WordPress.com 로고

WordPress.com의 계정을 사용하여 댓글을 남깁니다. 로그아웃 /  변경 )

Google photo

Google의 계정을 사용하여 댓글을 남깁니다. 로그아웃 /  변경 )

Twitter 사진

Twitter의 계정을 사용하여 댓글을 남깁니다. 로그아웃 /  변경 )

Facebook 사진

Facebook의 계정을 사용하여 댓글을 남깁니다. 로그아웃 /  변경 )

%s에 연결하는 중